Menu Content/Inhalt
          

Main Menu

Home
Mail Kemenpera
PPID
RAKONREG 2014
Kamus Istilah
Perpustakaan
Buku tamu
Forum Diskusi
Contact
 
 

Website Unit Eselon I

Sekretariat
Deputi Pembiayaan
Deputi Bidang
Perumahan Formal
Deputi Perumahan Swadaya
Deputi Pengembangan Kawasan
Inspektorat
BLU

Bergabung di Milis
Perumahan Rakyat

    
Bapertarum Salurkan Bantuan Uang Muka Bagi 986.059 PNS
Diposting oleh Humas

Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum-PNS) menyatakan dalam kurun waktu delapan tahun, yakni sejak didirikan pada tahun 1993 hingga tahun 2011, telah menyalurkan bantuan uang muka kepada 986.059 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh Indonesia.  Selain itu, Bapertarum-PNS juga telah mengembalikan dana tabungan perumahan pada 1.128.050 PNS.

Kepala Pelaksana Sekretariat Tetap (Settap) Bapertarum-PNS Mohammad Yasin Kara mengungkapkan, Bapertarum PNS akan terus berupaya membuat kebijakan yang diharapkan dapat membantu para PNS untuk memiliki rumah yang mereka inginkan. “Kami setidaknya telah menyalurkan bantuan uang muka untuk pembiayaan perumahan kepada 986.059 PNS selama kurun waktu delapan tahun terakhir,” ujar Mohammad Yasin Kara saat ditemui di ruang kerjanya di Jakarta, Jum’at (6/1).

Menurut Yasin Kara, selama tahun 2011 pihaknya telah menyalurkan bantuan uang muka pada 977 PNS. Adapun  besarannya sekitar Rp 1,2 juta hingga Rp 1,8 juta dengan total dana sekitar Rp 1,67 Milyar. Sedangkan Bantuan biaya membangun bagi PNS tercatat sekitar Rp 60,9 juta dan telah dimanfaatkan oleh 35 orang PNS.

“Pada tahun 2011 kami juga telah melakukan pengembalian dana tabungan perumahan untuk 64.998 PNS dengan total dana Rp 9,3 Milyar,” imbuhnya.

Yasin Kara menambahkan, saat ini Bapertarum-PNS memiliki beberapa layanan bantuan perumahan bagi PNS yang membutuhkan. Informasi mengenai layanan bantuan perumahan tersebut dapat diakses melalui www.bapertarum-pns.co.id.

Beberapa bantuan tersebut antara lain Bantuan Uang Muka (BUM) Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yakni bantuan yang diberikan kepada PNS dalam rangka membantu uang muka pembelian rumah yang dilakukan melalui fasilitas KPR. Selain itu juga Bantuan Sebagian Biaya Membangun (BM) Kredit Membangun Rumah (KMR). Total masing-masing bantuan yang diterima PNS adalah Rp15 juta.

Berdasarkan data yang dimiliki Bapertarum-PNS  setidaknya masih ada sekitar 1,3 juta PNS di seluruh Indonesia yang belum memiliki rumah. Oleh karena itu, layanan bantuan perumahan dari Bapertarum-PNS ini diharapkan juga bisa membantu para PNS yang ingin membeli rumah.

“Kami berharap ke depan lebih banyak PNS yang mau memanfaatkan dana tabungan perumahan yang dikelola Bapertarum-PNS untuk membeli rumah yang diinginkan. Sebab, bantuan yang diberikan saat ini sudah cukup besar sekitar Rp 15 juta,” tandasnya.


Tanggal ( 06-01-2012 )
« Back