Menu Content/Inhalt
          

Main Menu

Home
Mail Kemenpera
PPID
Pameran BLU-PPP Expo 2013
RAKONREG
Kamus Istilah
Perpustakaan
Buku tamu
Forum Diskusi
Contact
 
 

Website Unit Eselon I

Sekretariat
Deputi Pembiayaan
Deputi Bidang
Perumahan Formal
Deputi Perumahan Swadaya
Deputi Pengembangan Kawasan
Inspektorat
BLU

Bergabung di Milis
Perumahan Rakyat

    
Kemenpera Minta Dukungan Pemkot Bandung Sukseskan Program Rusunawa
Diposting oleh Humas

BANDUNG - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) meminta dukungan pemerintah kota Bandung untuk mensukseskan program rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di kota kembang tersebut. Untuk itu, pembuatan Perda yang mengatur Rusun di wilayah tersebut sangat dibutuhkan.


"Kami minta dukungan dari Pemda setempat agar program pembangunan Rusunawa di Bandung bisa terlaksana dengan baik. Untuk itu diperlukan Perda Rusun guna mensukseskan program ini," ujar Sekretaris Kementerian Perumahan Rakyat (Sesmenpera) Iskandar Saleh di sela-sela kegiatan kunjungan lapangan ke sejumlah lokasi Rusunawa dan perumahan yang memanfaatkan program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan di Bandung, Selasa (23/10).


Beberapa lokasi yang dikunjungi oleh Sesmenpera antara lain Rusunawa Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Rusunawa Satuan Brimob Daerah Polda Jawa Barat di Cikole dan Rusunawa Kodam III Siliwagi, Brigif 15 Kujang.

Menurutnya, pembangunan Rusunawa di kota besar seperti Bandung memiliki prospek yang cukup baik. Apalagi kebutuhan rumah yang cukup besar akibat pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi mau tidak mau membuat pembangunan hunian vertikal sangat mendesak untuk dilakukan.


Selain melakukan kunjungan lapangan, Sesmenpera juga melakukan Sosialisasi tentang UU Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman serta UU Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rusun pada kegiatan Rapat Koordinasi Penyaluran Dana FLPP di Wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten di Hotel Marbella, Bandung.

Terkait dengan Rusunawa yang telah terbangun, Sesmenpera juga akan berupaya untuk segera menyelesaikan alih status dan penyerahan aset pemerintah pusat kepada Pemda secepatnya. Apalagi saat ini sejumlah Rusunawa yang ada telah dihuni oleh para mahasiswa maupun anggota kepolisian.

"Sekitar 70 persen bangunan Rusunawa telah dihuni. Itu sangat bagus dan saya melihat pengelolaan Rusunawa di dua Rusunawa tersebut sudah sangat baik," imbuhnya.

Lebih lanjut, dirinya juga meminta Pemda untuk ikut mensosialisasikan kepada masyarakat tentang program Rusunawa. Selain itu, Pemda dan penghuni juga diminta untuk merawat bangunan tersebut jika nantinya Rusunawa telah diserahterimakan ke daerah.

"Semua ijin pembangunan Rusunawa kembali ke Pemda setempat. Jadi mereka yang tahu di daerah mana Rusunawa layak untuk dibangun," tandasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 


Tanggal ( 30-10-2012 )
« Back