Menu Content/Inhalt
          

Main Menu

Home
Mail Kemenpera
PPID
Usulan Daerah
RAKONREG 2014
CPNS 2014
Kamus Istilah
Perpustakaan
Buku tamu
Forum Diskusi
Contact
 
 

Website Unit Eselon I

Sekretariat
Deputi Pembiayaan
Deputi Bidang
Perumahan Formal
Deputi Perumahan Swadaya
Deputi Pengembangan Kawasan
Inspektorat
BLU

Bergabung di Milis
Perumahan Rakyat

     Tata Tertib dan Jadwal Pelaksanaan TKB Kemenpera
Serah Terima Empat Rusunawa Mahasiswa dan Pekerja
Diposting oleh Humas
"Menteri Negara Perumahan Rakyat (Menpera) Yusuf Asy’ari resmi menyerahterimakan pengelolaan empat lokasi rumah susun sederhana sewa (rusunawa) kepada tiga rektorat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Senin, 23 Juli 2007 di Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok. Keempat rusunawa tersebut adalah rusunawa mahasiswa UI, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) serta rusanawa pekerja di Cingised, Bandung. Menpera Yusuf Asy’ari mengungkapkan bahwa asrama mahasiswa mempunyai dua fungsi, pertama untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar, serta kedua adalah menempatkan sebagai tempat berlatih dan mendidik diri bagi penghuninya.

Menpera juga menghimbau dan meminta kepada para mahasiwa untuk memanfaatkan bantuan rusunawa tersebut meskipun tidak banyak dan belum memenuhi kebutuhan semua mahasiswa. “Tolong rusunawa ini dijaga jangan sampai menjadi tempat kumuh. Jika lima tahun lagi rusunawa ini menjadi kumuh, maka sesungguhnya gagallah upaya untuk membantu rusunawa, karena sebagaimana kita ketahui bahwa Millenium Development Goals (MDGs) menetapkan pada 2015 mestinya kita bebas kawasan kumuh, sementara kawasan kumuh di republik ini masih sangat banyak.

Oleh karena itu, perhatian kita bersama untuk menjaga kebersihan dan ketertiban hunian masing-masing sangat diperlukan,” pungkas Menpera dalam sambutannya. Rusunawa UI yang peruntukannya untuk asrama mahasiswa, khususnya yang berasal dari luar kota, berdiri di atas area 5000 meter persegi di Depok, terdiri dari empat lantai dengan jumlah kamar 116 unit. Kamar-kamar yang dibangun dengan tipe 18 tersebut dapat menampung tiga hingga empat mahasiswa setiap kamar. Sementara, rusunawa mahasiswa UMJ berdiri di atas lahan 6000 meter persegi, terdiri atas lima lantai. Jumlah unit kamar sebanyak 96 ditambah dua unit kamar untuk difabel. Hampir serupa dengan rusunawa IPB yang dibangun di lokasi Kampus IPB Dramaga dengan luas area 6000 meter persegi. Juga memiliki lima lantai dan jumlah kamar sebanyak 96 unit serta dua unit untuk difabel. Sedangkan rusunawa pekerja di Cingised, Bandung, dibangun di atas lahan seluas 5000 meter persegi terdiri dari empat lantai. Jumlah kamar seluruhnya sebanyak 96 unit bertipe 27 yang bisa menampung untuk satu keluarga kecil. "

Tanggal ( 24-Jul-07 )
« Back